Liburan Akhir Tahun Ke Banjarmasin Dengan Bayi (Bagian 1)

Baru sempat tulis tentang pengalaman liburan ini :D. Anyway, jadi akhir tahun kemarin kita liburan sekeluarga ke Banjarmasin. Soalnya Kai-nya baby ini keturunan Banjar. Pengalaman pertama naik pesawat bawa bayi dan liburan sejauh ini cukup bikin deg-deg-an dan rempong sendiri. Baby baru aja ulang tahun pas kita liburan ini, jadi ini anggap aja hadiah ultah 1 tahun. (Udah 1 tahun lagi aja, cepet banget.)

Karena yang mau ditulis ini cukup panjang, ibu Asti bakalan bikin beberapa postingan. Ada post mengenai persiapan dan check-list barang bawaan, itinerary dan yang penting lessons learned dari pengalaman kemarin.

Baiklah, untuk check-list barang bawaan untuk liburan dengan bayi, ibu Asti bikin daftar seperti ini. (Catatan: ini untuk 5 hari. Berangkat Rabu malam, pulang Senin pagi.)

Pakaian

1. Baju untuk pergi (yang agak bagusan): 7 pasang
2. Baju santai sehari-hari: 10 pasang. Karena baby sering banget kepanasan dan kalau makan sendiri sering berantakan.
3. Baju tidur: 5 pasang.
4. Jaket/sweater: 2 buah
5. Pospak: 15 pcs (3 x 5 hari) + 5 pcs (cadangan). Total 20 pcs. Tapi ternyata baby pakai lebih banyak dari itu, jadi di hari ke 4 kita ke mini market untuk beli tambahan.
6. Topi
7. Sepatu: 2 pasang
8. Sendal: 1 pasang
9. Kaos kaki: 5 pasang

Perlengkapan Tidur

1. Selimut kesayangan. Meskipun gak pengen baby tergantung sama benda ini, tapi selimut kesayangannya ini beneran ngebantu dia untuk ngerasa nyaman dan tenang.
2. Kain flanel untuk alas. 3 pcs. Karena kebetulan seprai di hotelnya nyaman semua, akhirnya tidur gak pakai alas flanel lagi. Tapi flanel ini berguna untuk alas stroller atau selimut tipis pas di mobil.

Tadinya mau bawa bantal sendiri, tapi karena koper udah penuh banget, akhirnya batal deh.

Perlengkapan Makan

1. Piring bayi: 1 pcs
2. Mangkuk bayi: 1 pcs
3. Sendok garpu: 2 pcs
4. Botol susu: 3 pcs
5. Wadah takaran susu
6. Container isi susu: 400 gr. Biasanya sih dia 800 gr untuk 8-10 hari, karena ini bepergian perkiraan awal 400gr bakal cukup untuk 5 hari. Ternyata kurang karena porsi minum dia gak berubah. Akhirnya ke mini market deh untuk beli tambahan susu.
7. Aneka makanan botol kaca. Gerber dan Heinz. ada sekitaar 10 botol. Tapi ternyata dia lebih suka ketupat kandangan dan nasi kuning, jadi malah banyak sisa. :(
8. Snack bayi
9. Termos.
10. Sabun cuci botol

Perlengkapan Mandi

1. Handuk: 1 pcs yg besar. 2 pcs yang kecil. Karena ganti hotel beberapa kali, kalau handuk hotelnya bagus, pakai handuk hotel saja. Supaya gak lembab pas ganti hotel.
2. Sabun mandi
3. Sampo
4. Parfum
5. Minyak telon
6. Baby oil
Karena belum ada gigi, jadi gak bawa sikat gigi bayi. Di rumah sih suka pakai sikat gigi silikon sih.


Dan lain-lain

1. Boneka Teddy Bear. Boneka kesayangan, supaya dia nyaman dan merasa seperti di rumah.
2. Stroller dan gendongan. Stroller ini berguna banget waktu baby lagi tidur pas jalan-jalan. Karena dia udah bisa jalan, jadi pas bangun gak terlalu sering dipake.
3. Buku cerita dan mainan kesayangan
4. Obat penurun panas. Untuk jaga-jaga.
5. Obat alergi. Untuk jaga-jaga.


Itu semua ditambah barang-barang ayah dan ibu jadinya satu koper gede ukuran 28", satu koper cabin size, satu tas selempang dan satu tas gendong. Semua koper mausk bagasi, tas selempang dan tas gendong sengaja dibawa ke pesawat karena isinya emergency kits (pospak 2 pcs, snack, baju ganti, mainan, botol susu). Satu tas dibawa ayah, satu lagi dibawa ibu.

Next, kita bahas itinerary-nya ya...

0 comments: